Senin, 17 Februari 2014

MATA HATI



JANGAN MENATAP SEBELAH MATA

Betapa sempurnanya penglihatan ini. Ia diciptakan diatas kasih sayang, dirawat dengan kemahaan. Kedua mata ini memberikan arti kehidupan yang amat indah. Kiri, kanan, dan depan dapat kita lihat dengan segala keindahannya. Tak hanya itu, bahaya yang mengancam dihadapan pun dapat kita hindari. Betapa luar biasanya yang menciptakan kedua mata ini.
Kiri dan kanan, kedua belah mata yang menjadi lensa dunia. Sedikitpun tak bisa kita elakkan kesempunaan ciptaannya. Hanyalah jika kedua mata ini kita tutup satu, maka dunia ini terlihat tak sempurna. Ada kecacatan yang terlihat. Apakah itu? Mungkin dunia ini terlihat runyam, mugkin dunia ini tak terlihat sebagian. Ada sisi yang terabaikan.
Sahabat, begitupun mata hati ini. Ia diciptakan sesempurna mungkin oleh yang maha sempurna. Dan sahabat tahu? Mata hati ini begitu tajam melihat dan membaca dunia ini. Selayaknya kita tahu bahwa mata hati ini pun memiliki dua sisi penglihatan, sisi positif dan posisi negatif. Terserah kita menggunakan yang sebelah mana. Yang jelas sisi positif akan membawamu kedalam berbagai hikmah yang sangat berarti. Memberikan ketenangan karena sejuta alasan positif membiarkanmu selalu memberikan yang terbaik. Membiarkanmu menemukan segala celah dalam kesempitan yang mengekangmu.
Tapi ingat sahabat, sisi negatif itu lebih tajam jika ia terus diasah dengan keburukan. Memperburuk pandanganmu dengan segala kesempitan yang melanda. Serasa tidak ada celah yang terbuka untuk kebaikan. Sulit memang untuk tidak mengunakan sisi pandangan ini.
Sahabat, mungkin temanmu berbuat buruk padamu yang membuatmu tidak suka lagi padanya. Membuatmu berfikir negatif tentangnya hanya dengan satu kesalahan padamu. Cukup sampai disana? Jawabannya tidak sahabat. Ia akan menjalar dalam perjalanan kehidupan. Merasuk kedalam pandangan umum tentang dirinya. Hingga sekali saja temanmu mengingkari janjinya, tak sedikit orang yang hampir kehilangan sisi pandangan positif tantangnya. Seolah seumur hidupnya tak ada kebaikan yang temanmu lakukan (Semoga kita dijauhkan dari hal itu).
Kita tidak hanya butuh sisi positif ataupun hanya sisi negatif. Kita butuh keduanya. Itulah alasannya mengapa Alloh memberikan kedua sisi pandangan itu. Sisi positif yang membuat kita mencari win win solution, berpandangan luruk kedepan, mencari celah kebaikan disetiap keterpurukan. Dan sisi negatif yang bisa membuat kita berhati-hati akan pengalaman buruk, mendapatkan referensi permasalahan yang terjadi, dan membuka pikiran buruk kita untuk membuat solusi.
Permasalahannya, apakah kita hanya akan terlelap dalam sisi mata hati yang negatif? Tidak sahabat, itu keliru. Gunakanlah sisi negatif itu sewajarnya dan pupuklah pandanganmu dengan pandangan sisi mata hati yang positif. Karena ia akan lebih menuntunmu kedepan, bukan terpuruk dalam kegelapan.
___________________SEMOGA BERMANFAAT____________________
Wallohu a’lam bishowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

apakah anda puas dengan bacaan pada blog ini?